Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA

PAKET C SEKOLAH BUANGAN ! KATA SIAPA ?

Terbit : Senin, 20 Mei 2024 - Kategori : BERITA PENDIDIKAN

Makassar, 21 Mei 2024 – Sekolah Paket C kini tidak lagi dianggap sebagai sekolah buangan atau pilihan terakhir bagi mereka yang tidak bisa menyelesaikan pendidikan formal. Perubahan pandangan ini terjadi seiring dengan peningkatan kualitas pendidikan dan pengakuan yang lebih luas terhadap lulusan Sekolah Paket C.

Selama bertahun-tahun, Sekolah Paket C, yang setara dengan pendidikan menengah atas atau SMA, sering dipandang sebelah mata. Siswa yang mengikuti program ini umumnya adalah mereka yang putus sekolah atau tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan formal karena berbagai alasan, termasuk ekonomi dan sosial. Namun, paradigma ini perlahan mulai bergeser.

Salah satu contoh keberhasilan ini adalah di PKBM MERAH PUTIH Kota Makassar yang telah meluluskan banyak siswa dengan prestasi gemilang. Banyak di antara mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ternama dan berhasil meraih beasiswa. Salah satu alumnus, Herawati, kini berhasil menjadi karyawan disalah satu Perusahaan swasta menerangkan bahwa. “Sekolah Paket C memberi saya kesempatan kedua untuk menggapai mimpi. Saya bisa belajar dengan fleksibilitas waktu yang lebih sesuai dengan kondisi saya saat itu,” kata Hera.

Peningkatan kualitas ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan yang kini lebih terbuka menerima lulusan Paket C. Hal ini dikarenakan lulusan Paket C seringkali memiliki keterampilan tambahan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. “Kami melihat banyak lulusan Paket C yang memiliki semangat dan kemampuan yang luar biasa. Mereka tidak hanya belajar teori, tetapi juga praktek dan keterampilan hidup yang sangat berguna di dunia kerja,” ujar Ahmad Santoso, HR Manager di sebuah Perusahaan Swasta di Makassar.

Dengan berbagai perbaikan dan pengakuan yang semakin luas, Sekolah Paket C kini tidak lagi dipandang sebagai sekolah buangan. Sebaliknya, ia menjadi alternatif pendidikan yang semakin diminati oleh banyak kalangan yang ingin mengembangkan diri tanpa terhalang oleh waktu dan situasi. Pemerintah pun terus mendorong masyarakat untuk mengubah pandangan mereka terhadap pendidikan non-formal ini dan melihatnya sebagai peluang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Melihat perkembangan positif ini, diharapkan stigma terhadap Sekolah Paket C akan benar-benar hilang dalam waktu dekat, dan semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan program ini untuk mencapai impian mereka. (red)

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar