Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA

REFLEKSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA, PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR MEWAKILI PROVINSI SULAWESI SELATAN DI JAKARTA

Terbit : Sabtu, 1 Juni 2024 - Kategori : BERITA PENDIDIKAN

Jakarta, 1 Juni 2024 – Ismawati Amin, seorang tutor dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Merah Putih, telah menghadiri kegiatan Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai perwakilan PKBM dari seluruh Sulawesi Selatan. Acara yang berlangsung dari tanggal 30 Mei hingga 1 Juni 2024 ini diadakan di Arosa Hotel, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan forum penting bagi para pendidik dan pengelola PKBM untuk mengevaluasi dan merefleksikan penerapan Kurikulum Merdeka yang telah dilaksanakan selama ini. Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas lebih dalam proses belajar mengajar dan mendorong pengembangan potensi peserta didik, membutuhkan evaluasi rutin untuk memastikan efektivitas dan kesesuaiannya dengan kebutuhan pendidikan di berbagai daerah.

Ismawati Amin, dalam kapasitasnya sebagai perwakilan PKBM se-Sulawesi Selatan, berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam menerapkan kurikulum ini di wilayahnya. “Kami berharap melalui kegiatan ini, kita dapat menemukan solusi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PKBM, terutama dalam mendukung Kurikulum Merdeka yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan lokal,” ujar Ismawati.

Acara ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan di bidang pendidikan, termasuk perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta para ahli pendidikan. Diskusi-diskusi mendalam mengenai berbagai aspek implementasi Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi strategis yang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Selain diskusi, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai workshop dan sesi pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pendidik dan pengelola PKBM dalam mengimplementasikan kurikulum dengan lebih efektif. Para peserta diajak untuk aktif berpartisipasi dan berbagi praktik terbaik serta inovasi-inovasi pendidikan yang telah mereka terapkan di daerah masing-masing.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas dan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka di berbagai PKBM, termasuk di Sulawesi Selatan, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan non-formal di Indonesia.

Kontributor Jakarta : (Adam)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar