Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA

Sawir, Lulusan Paket C di PKBM Merah Putih, Sukses Menjadi Kepala Desa Biring Ere

Terbit : Rabu, 29 Mei 2024 - Kategori : BERITA PENDIDIKAN

Makassar, 29 Mei 2024 — Sawir, seorang warga Kabupaten Pangkep yang pernah mengikuti program pendidikan kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Merah Putih, kini telah berhasil mencapai impiannya dengan terpilih menjadi Kepala Desa Biring Ere, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep. Kisah inspiratif ini menunjukkan bahwa pendidikan dapat membuka jalan menuju perubahan dan kemajuan, tidak hanya bagi individu tetapi juga bagi komunitas.

Sawir, yang sehari-harinya sebelumnya aktif sebagai aktivis sosial, memutuskan untuk melanjutkan pendidikan melalui program Paket C di PKBM Merah Putih beberapa tahun lalu. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan pendidikan setara SMA bagi mereka yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan formal. Dengan tekad kuat dan dukungan dari keluarga serta komunitas, Sawir berhasil menyelesaikan program tersebut.

“Saya selalu percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik. PKBM Merah Putih memberikan saya kesempatan untuk belajar dan berkembang, sesuatu yang saya syukuri hingga saat ini,” ungkap Sawir. “Ilmu yang saya dapatkan tidak hanya membantu saya secara pribadi, tetapi juga memberikan saya bekal untuk memimpin desa dengan lebih baik.”

PKBM Merah Putih di Kota Makassar  telah lama dikenal sebagai lembaga yang berkomitmen dalam menyediakan pendidikan non-formal bagi masyarakat. Kepala PKBM Merah Putih, Rintoh Rachim, mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian Sawir. “Pak Sawir adalah contoh nyata dari hasil positif program kami. Dedikasi dan kerja kerasnya adalah inspirasi bagi banyak orang di Pangkep,” katanya.

Setelah menyelesaikan pendidikan kesetaraan, Sawir aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan pembangunan di desanya. Kepemimpinannya yang kuat dan visinya yang jelas membuatnya mendapatkan dukungan luas dari warga Desa Biring Ere, yang kemudian memilihnya sebagai Kepala Desa dalam pemilihan yang berlangsung sengit kala itu.

Sebagai Kepala Desa Biring Ere, Sawir berkomitmen untuk membawa perubahan positif dan pembangunan berkelanjutan di desanya. Fokus utamanya adalah pada peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan infrastruktur, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa Desa Biring Ere menjadi desa MADANI yang maju dan sejahtera. Pendidikan akan tetap menjadi prioritas utama, karena saya yakin bahwa dengan pendidikan, kita bisa mencapai segala hal,” tambah Sawir dengan penuh semangat.

Kisah sukses Sawir memberikan inspirasi dan harapan bagi banyak orang di Kabupaten Pangkep dan sekitarnya. Ini menunjukkan bahwa dengan tekad dan usaha, serta dukungan dari program pendidikan yang tepat, seseorang dapat mengatasi berbagai rintangan dan mencapai kesuksesan yang luar biasa. Keberhasilan Sawir sebagai Kepala Desa Biring Ere menjadi bukti nyata bahwa pendidikan adalah fondasi penting untuk membangun masa depan yang lebih baik. (red)

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar