Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA

APA ITU PKBM ? INI JAWABANNYA !

Terbit : Rabu, 22 Mei 2024 - Kategori : BERITA PENDIDIKAN

Makassar, 22 Mei 2024 —- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan salah satu solusi inovatif dalam bidang pendidikan non-formal di Indonesia. PKBM hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh sistem pendidikan formal, dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan yang fleksibel dan mudah diakses.

PKBM mulai muncul pada akhir tahun 1990-an sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pendidikan, termasuk tingginya angka putus sekolah dan rendahnya tingkat literasi di berbagai daerah. Program ini lahir dari keprihatinan akan kondisi pendidikan di daerah terpencil dan kelompok-kelompok masyarakat yang terpinggirkan, seperti masyarakat miskin, buruh, dan anak-anak jalanan yang sulit mengakses pendidikan formal.

 

PKBM dirancang untuk melayani masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses pendidikan formal. Adapun beberapa fungsi utama PKBM meliputi:

  1. Pendidikan Keaksaraan: Mengajarkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung bagi orang dewasa yang buta aksara.
  2. Pendidikan Kesetaraan: Menyediakan program setara SD (Paket A), SMP (Paket B), dan SMA (Paket C) bagi mereka yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan formal.
  3. Pelatihan Keterampilan: Menawarkan berbagai pelatihan keterampilan praktis yang dapat membantu masyarakat meningkatkan taraf hidup mereka.
  4. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Menyediakan layanan pendidikan untuk anak usia dini guna mendukung perkembangan kognitif dan sosial mereka sejak awal.

 

 

Sejak didirikan, PKBM telah mengalami perkembangan yang signifikan. Dukungan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta keterlibatan berbagai organisasi non-pemerintah, telah membantu PKBM berkembang di seluruh pelosok Indonesia. PKBM juga telah mengadopsi berbagai metode pembelajaran yang inovatif, termasuk penggunaan teknologi informasi untuk memperluas jangkauan dan efektivitas programnya.

 

 

Dampak PKBM terasa luas dalam masyarakat. Tidak hanya memberikan kesempatan kedua bagi mereka yang terputus dari pendidikan, PKBM juga berperan dalam pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat. Program pelatihan keterampilan yang ditawarkan PKBM membantu banyak individu memperoleh pekerjaan atau memulai usaha mandiri, sehingga berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal.

 

 

Sebagai kesimpulan PKBM adalah inisiatif penting dalam bidang pendidikan non-formal yang telah memberikan kontribusi besar bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Melalui PKBM, banyak individu yang sebelumnya terpinggirkan dari sistem pendidikan formal kini memiliki kesempatan untuk belajar, berkembang, dan meningkatkan taraf hidup mereka. Dengan dukungan yang terus berlanjut dan inovasi yang berkelanjutan, PKBM memiliki potensi untuk semakin memperkuat perannya dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih cerdas dan berdaya. (Red)

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar