Info Sekolah
Rabu, 29 Mei 2024
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA
  • PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR Menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan PAKET A Setara SD/MI - PAKET B Setara SMP/Mts - PAKET C Setara SMA/SMK/MA

Sejarah Kota Makassar

Terbit : Sabtu, 23 Maret 2024 - Kategori : ARTIKEL SEJARAH

Makassar, (23/03/24) — Kota Makassar merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah yang kaya di Indonesia. Berikut adalah rangkuman lengkap mengenai sejarah Kota Makassar:

Peta Kota Makassar
  1. Awal Mula: Abad ke-14 hingga Abad ke-16

Kota Makassar telah dihuni sejak zaman pra-sejarah oleh suku-suku asli seperti suku Bugis dan Makassar.

Pada abad ke-14, Makassar mulai muncul sebagai pusat perdagangan yang penting di kawasan Indonesia bagian timur. Hal ini disebabkan oleh posisi geografisnya yang strategis sebagai pelabuhan alami di Teluk Makassar.

Pada abad ke-16, Kesultanan Gowa menjadi kekuatan dominan di kawasan ini di bawah pimpinan raja-raja yang kuat seperti Sultan Hasanuddin.

  1. Masa Kolonialisme: Abad ke-17 hingga Abad ke-20

Pada abad ke-17, Makassar menjadi pusat persaingan antara bangsa Eropa yang ingin mengendalikan perdagangan rempah-rempah di wilayah Indonesia.

Belanda akhirnya berhasil menguasai Makassar setelah perang yang panjang dengan Kesultanan Gowa, dan membangun benteng-benteng di sekitar kota untuk mengamankan posisinya.

Pada masa kolonial, Makassar menjadi salah satu pusat perdagangan penting di kawasan timur Indonesia.

Selama abad ke-19, Makassar mengalami perkembangan ekonomi yang pesat, terutama dalam perdagangan kopra, hasil pertanian, dan industri perkapalan.

  1. Perjuangan Kemerdekaan: Abad ke-20

Pada awal abad ke-20, gerakan kemerdekaan mulai muncul di Makassar, dengan banyaknya tokoh-tokoh nasionalis yang aktif dalam pergerakan tersebut.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Makassar menjadi salah satu basis perjuangan kemerdekaan di Indonesia timur.

Pasca-kemerdekaan, Makassar tetap menjadi salah satu kota penting di Indonesia, terutama dalam hal perdagangan dan perekonomian.

  1. Era Modern: Abad ke-21

Seiring dengan perkembangan ekonomi dan sosial di Indonesia, Makassar mengalami pertumbuhan yang pesat pada abad ke-21.

Pemerintah Kota Makassar melakukan berbagai pembangunan infrastruktur dan program-program pembangunan lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota.

Makassar juga menjadi pusat pendidikan dan pariwisata yang penting di kawasan timur Indonesia.

Dengan sejarah yang kaya dan beragam pengaruh budaya, Makassar terus berkembang sebagai kota yang modern namun tetap mempertahankan warisan budaya dan sejarahnya yang kaya.(red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar